in

Inilah Bantuan Pemerintah Pada Pekerja Migran di Tengah Turunya Ekonomi

source : nasional.tempo.co

Haloo, kali ini kami akan memberikan informasi yang mengenai Bantuan Pemerintah Pada Pekerja Migran di Tengah Turunya Ekonomi.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanggal 18 Desember adalah Hari Migran International. Saat terjadinya kondisi pandemi Covid-19 ini, pihak Kementerian Ketenagakerjaan sudah melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan penempatan dan pelindungan Pekerja Migran di Indonesia.

Salah satunya yaitu bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan sebuah bantuan masker untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan juga di Brunei Darussalam. Degan memberikan berbagai bantuan bahan pokok kepada para PMI yang telah terdampak Covid-19 di beberapa negara tersebut.

Kemudian, untuk pengalokasian program perluasan kesempatan kerja atau dalam (Program Padat Karya Infrastruktur, Padat Karya Produktif, Inkubasi Bisnis, Teknologi Tepat Guna, dan Tenaga Kerja Mandiri) bagi Calon Pekerja Migran/Pekerja Migran dan juga sejumlah anggota keluarganya.

Jenis bantuan kepada migran ABK Perikanan yang telah terdampak Covid-19. Membantu untuk pemulangan calon Pekerja Migran Indonesia yang telah bekerja sama dengan P3MI.

Sama halnya dengan yang terkait Program Kartu Prakerja, Kemnaker juga telah melakukanyua dengan pemerintah daerah, BP2MI dan juga P3MI untuk membantu mensosialisasikan dan juga mendorong CPMI/PMI yang telah terdampak Covid-19 untuk mengikuti berbagai program ini agar bisa mendapatkan bantuan selama adanya Covid-19.

Demikian pihak Kemnaker juga telah memberikan bantuan APD dan suplemen kepada 42 LTSA, memberikan beberapa bantuan APD dan suplemen kepada 324 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia atau yang disingkat dengan (P3MI).

Kemnaker Beri Penghargaan

Kemnaker atau Kementerian Ketenagakerjaan telah memberikan penghargaan kepada pemerintah, swasta, media dan juga perseorangan dalam acara memperingati hari migran internasional yang terjadi pada tanggal 18 Desember 2020 kemarin. Adapun berbagai penghargaan diberikan kepada beberapa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik I PT Parco Laut, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik dengan pihak II PT Dwicitra Tri Patria.

Setelah itu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik III PT Mitra Sarana Internasiona dan juga Dinas Provinsi terbaik dalam memberikan pelayanan penempatan dan juga terhadap pelindungan Pekerja Migran Indonesia Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dari daerah Provinsi Jawa Timur.

Kemudian dari Dinas Kab/Kota terbaik dalam memberikan sebuah pelayanan penempatan dan juga pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Ponorogo, Desa peduli Pekerja Migran Indonesia Desa Pasuruhan Kec.Kayen Kab. Pati, layanan Terpadu dengan tema Satu Atap Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) terbaik dalam memberikan pelayanan Pekerja Migran Indonesia LTSA daerah Indramayu.

Berbagai penghargaan juga telah banyak diberikan kepada media televisi yang mendukung penuh dalam acara program pelindungan Pekerja Migran Indonesia Metro TV dan Media Online yang mendukung program pelindungan Pekerja Migran Indonesia yaitu Detik.com.

Serta penghargaan kepada perseorangan, yaitu kepada pekerja Migran Indonesia Purna yang penempatan berprestasi I Barno, Pekerja Migran Indonesia Purna penempatan berprestasi II Heni Sri Sundari, dan juga dari Ketenagakerjaan yang inovatif dalam memberikan berbagai pelindungan Pekerja Migran Indonesia Suseno Hadi Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman Kerajaan Yordania.

Berlangsungnya acara peringatan migran day internasional yang terjadi dalam tahun ini, dilakukan secara online dan dengan mengangkat tema yang bernama ‘Tetap Bekerja Keras, Meski Pandemi Covid-19. Berangkat Aman dan Pulang Mapan’.

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai Bantuan Pemerintah Pada Pekerja Migran di Tengah Turunya Ekonomi. Semoga bermanfaat.

Kisah Inspiratif Seorang Kuli Bangunan yang Menjadi TNI

Ternyata Ini Fitur Youtube yang Tidak Semua Pengguna Tahu