in

Sering Sesak Saat Olahraga Lari? Segera Lakukan Teknik Ini

source : liputan6.com

Haloo, kali ini kami akan memberikan informasi yang mengenai Sering Sesak Saat Olahraga Lari? Segera Lakukan Teknik Ini.

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang memang membutuhkan banyak oksigen dan juga teknik pernapasan yang baik. Dalam setiap penambahan aktivitasnya tentu akan membuat tubuh kamu merasa terengah-engah.

Oleh karena itu, tubuh kamu akan merespons dengan sebuah penarikan napas yang cepat untuk bisa menambah jumlah oksigen yang masuk dalam dan mengurangi karbondioksida. Kamu juga harus bisa mengatur pernapasan kamu agar tubuh kamu lebih terbiasa ketika kamu sedang berlari.

Ketika sedang menjalankan olahraga lari tentunya diperlukan berbagai teknik pernapasan agar kamu tidak mengalami sesak ketika sedang melakukannya. Dimulai dari menyesuaikan kecepatan berlari kamu sampai posisi badan yang benar.

Karena telah ada banyak kasus yang mengalami sesak nafas ketika sedang melakukan olahraga yang mengandalkan pernapasan, salah satunya olahraga lari. Selain dibutuhkanya kapasitas paru-paru yang besar, dengan meningkatkan stamina tubuh tentu akan lebih meningkatkan kekuataan seseorang dalam berolahraga.

Kamu juga bisa dengan melakukan olahraga kecil untuk meningkatkan stamina kamu dan membiasakan tubuh kamu dalam berolahraga. Seperti joging dengan ritme yang santai atau bermain badminton dan olahraga lainya yang kamu sukai.

Berikut ini daftar teknik pernapasan yang bisa dipraktikkan supaya terhindar dari sesak napas ketika olehraga lari.

1. Pemanasan

Jangan sampai kamu melewatkan sebuah pemanasan sebelum kamu melakukan olahraga. Lakukanlah terlebih dahulu peregangan dan joging ringan selama 10 sampai 15 menit untuk meningkatkan performa saat kamu berlari dan tentu dimudahkan untuk mengatasi sesak napas ketika sedang lari.

2. Latihan teknik pernapasan

Melatih sebuah teknik pernapasan pasti akan meningkatkan kapasitas paru-paru kamu dan juga bisa membuatnya menampung lebih banyak oksigen. Contohnya pernapasan diafragma, pernapasan lubang hidung, dan juga pernapasan dengan mengerucutkan bibir memang ialah beberapa latihan pernapasan yang bisa kamui lakukan.

3. Bernapas secara ritmis

Ketika kamu sedang olahraga lari gunakanlah hidung dan juga mulut kamu untuk bernapas. Ikuti juga berbagai aturan umum tentang bernapas ketika sedang berolahraga yang harus kamu selaraskan dengan gerakan yang akan kamu ambil. Bernapas secara ritmis tentu akan membuat tubuh kamu mengambil banyak oksigen dan juga akan mengurangi tekanan pada tubuh.

4. Sesuaikan kecepatan

Memaksakan diri untuk bisa berolahraga dengan lebih keras tentu tidak akan menghasilkan kesehatan yang kamu inginkan. Hal ini justru akan membuat tubuh kamu merasakan kesakitan dan juga mengalami kondisi fisik yang buruk.

Dengan begitu tentu kamu perlukan kesesuaian dengan kemampuan dalam mengerahkan kerja otot dan juga pernapasan. Ketika kamu mengalami sesak nafas, segera berhentilah sejenak untuk bisa menormalkan sistem pernapasan yang kamu miliki.

5. Posisi badan

Posisi badan juga tentu perlu kamu perhatikan karena hal itu dapat memengaruhi kerja napas. Jika posisi badan kamu terlalu bungkuk tentu hal itu akan mempersulit kamu untuk bernapas secara benar dan teratur. Pastikan untuk berlari dengan posisi badan tegak untuk bisa lebih memperlancar aliran udara yang masuk dan yang keluar dari dalam tubuh.

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai Sering Sesak Saat Olahraga Lari? Segera Lakukan Teknik Ini. Semoga bermanfaat.

Ketahui Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Dari Kuliah Jurusan IPA

5 Film Action yang Akan Menemanimu di Tahun 2021